Daftar Objek Wisata Favorit di Palembang Yang Tak Boleh Dilewatkan

Salah satu kota tujuan wisata di Pulau Sumatra adalah Palembang. Kota yang terkenal dengan kuliner pempeknya ini, memang memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik. Ada objek wisata religi, wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah, waterpark dan masih banyak lagi. Dari daftar objek wisata favorit di Palembang, kita bisa menemukan berbagai tempat yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke kota tersebut. 

Daftar Objek Wisata Favorit di Palembang

Bagi Anda yang sedang berencana melakukan liburan di Palembang, kami tak ada salahnya jika membaca artikel ini. Karena kami akan mengulas beberapa tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi ;

1. Objek Wisata Air Terjun Lematang Indah Palembang 
Salah satu obyek wisata alam yang selalu dibahas dalam daftar objek wisata favorit di Palembang adalah air terjun Lematang Indah. Ketinggian air terjun ini mencapai 40 m. Para pengunjung yang mendatanginya dapat menikmati air terjun sambil mandi dan bermain air. Wisatawan juga akan dimanjakan oleh pemandangan asri yang sangat sejuk. Bahkan saat menempuh perjalanan menuju tempat inipun, pengunjung sudah disuguhi dengan suasana alami yang sangat memanjakan mata. 

2. Waterpark The Amanzi
Bagi wisatawan yang ingin bermain air tetapi di tempat yang lebih modern, waterpark yang ada di kota Palembang bisa jadi pilihan. Salah satu waterpark tersebut adalah The Amanzi. Tempat wisata di Palembang yang terkenal ini memiliki berbagai wahana yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Diantaranya adalah kolam arus, family slide, water volley, seluncuran berbentuk spiral dan lain sebagainya. Suasana dalam waterpark dibuat layaknya hutan, sehingga menambah keseruan yang dirasakan. 

3. Sungai Musi dan Jembatan Ampera
gambar objek wisata palembang

Jembatan Ampera menjadi objek wisata yang harus dikunjungi jika berkunjung ke Palembang. Jembatan yang dibangun tahun 1962 ini memberikan pengalaman tersendiri bagi para pengunjungnya. Jembatan dan sungai Ampera yang sangat indah juga mampu menghadirkan eksotisme menawan ketika malam hari. Dalam daftar objek wisata favorit di Palembang, pengunjung Sungai Musi juga disarankan untuk mengunjungi pusat souvenir dan kuliner yang terletak tidak jauh dari Jembatan tersebut.

4. Pulau Kemaro di Tengah Sungai Musi
Tempat lainnya yang wajib ada dalam daftar objek wisata favorit di Palembang adalah Pulau Kemaro yang terletak di Sungai Musi. Pulau ini letaknya 6 kilometer dari Jembatan Ampera. Di Pulau Kemaro terdapat wihara yang di gunakan untuk berdoa maupun berziarah oleh umat Buddha. Terdapat juga sebuah makam dari salah seorang putri Palembang. Kisah putri ini sangat terkenal, karena setelah menikah dengan pangeran dari negeri China, Sang Putri dan suaminya terjun ke sungai. 

5. Objek Wisata Kuliner Pempek
Pempek menjadi makanan tradisional Palembang yang wajib dinikmati oleh siapa saja yang mengunjungi kota ini. Pempek asli Palembang memiliki rasa sangat khas yang tidak akan bisa ditemukan di tempat lain. Di sini terdapat beberapa tempat wisata kuliner Palembang yang sangat terkenal dengan pempeknya yang lezat. Diantaranya adalah Pempek Candy dan Pempek Saga. Selain kedua tempat itu, masih banyak rumah makan lainnya yang menjual pempek dan masuk dalam daftar objek wisata favorit di Palembang.  

6. Tempat Wisata Kawah Tengkurep
Kawah Tengkurep menjadi objek wisata lainnya yang sangat menarik di Palembang. Tempat ini merupakan pemakaman yang disediakan bagi Sultan, keluarga kerajaan dan abdi dalemnya. Pemakaman ini memiliki luas hingga 1 hektar dengan 6 buah bangunan makam di dalamnya. Kawah Tengkurep Palembang menjadi salah satu objek wisata sejarah yang menjadi bukti kebesaran kerajaan Sriwijaya di Indonesia. 

7. Objek Wisata Masjid Cheng Hoo
Daftar objek wisata favorit di Palembang menyajikan Masjid Cheng Hoo sebagai destinasi wisata yang terakhir. Bangunan masjid ini memiliki gaya yang khas dari sebuah bangunan Tionghoa. Sentuhan Melayu, Nusantara dan Arab juga terasa di masjid yang mampu menampung hingga 600 orang jamaah ini. Terdapat dua lantai di masjid ini. Keunikan dan nuansa religi yang dimiliki masjid Cheng Hoo mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ataupun menunaikan ibadah sholat.

Dengan banyaknya tempat-tempat yang ada dalam daftar objek wisata favorit di Palembang, maka kota ini memang sangat layak menjadi tujuan wisata di Pulau Sumatra. Keindahan dan nuansa yang dimiliki tempat-tempat tersebut akan sulit untuk ditemukan di daerah lain. Perpaduan keindahan alam, budaya dan keceriaan yang ditawarkan menjadikan objek-objek wisata tersebut tidak boleh dilewatkan.