Produk Asuransi Jiwasraya serta kelebihan dan kekurangannya

Salah satu perusahaan asuransi keselamatan jiwa terkemuka di Indonesia adalah asuransi Jiwasraya. Asuransi ini telah berdiri sejak 1859. Adapun asuransi ini merupakan asuransi milik pemerintah (BUMN). Sebagai asuransi tertua di Indonesia, pastinya Jiwasraya memiliki berbagai produk unggulan yang bisa menjadi Andalan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini mengingat Jiwasraya selalu mengembangkan produk pelayanannya dengan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
baca juga : asuransi pendidikan Bumiputera

Produk Asuransi Jiwasraya


Dalam praktiknya, Jiwasraya membagi produk pelayanannya menjadi dua kategori, yaitu produk untuk individu dan produk untuk kumpulan. Produk kumpulan berisi Dana Fleksibel untuk pekerja perusahaan, Asuransi Siharta, Asuransi Keseh, dan Asuransi Kecelakaan Diri. Sedangkan produk individu, Jiwasraya membaginya menjadi Produk Investasi dan Unit Link, Produk Pendidikan, Produk Proteksi, dan Produk Anuitas. Dengan pengkategorian ini, masyarakat bisa lebih spesifik dalam memilih asuransi. 

gambar logo asuransi jiwasraya

Disamping itu pula, dengan adanya kategori semacam ini, masyarakat pun akan semakin tahu disisi mana letak kelebihan bahkan kekurangan dari asuransi Jiwasraya. Banyak produk unggulan yang bisa dinikmati masyarakat dari Jiwasraya ini, seperti investasi, proteksi, anuitas dan pendidikan. Selain itu, ada program unggulan lainnya yang ditawarkan Jiwasraya, yaitu Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Program DPLK ini berupa produk Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP). PPIP ini bisa dimanfaatkan baik perorangan hingga perusahaan. 

Tapi tak itu saja, dalam Jiwasraya juga tersedia program unggulan seperti jaminan di hari tua, anuitas dan tunjangan hari tua. Dalam perkembangannya, Jiwasraya juga membuat Asuransi Siharta, yaitu produk atau program yang berisi beragam santunan seperti santunan kecelakaan, cacat, dan rawat inap bagi nasabah. Hal ini semakin menambahi keunggulan dari Jiwasraya ini. Oleh karena itu, tak berlebihan jika asuransi Jiwasraya dikatakan menjadi salah satu asuransi terbaik dari dalam negeri kita.

Keunggulan dan kekurangan Asuransi Jiwasraya

Dengan demikian, baik produk individu maupun kumpulan, Jiwasraya memiliki spesifikasi target pelayanan yang jelas. Dengan spesifikasi model ini, Jiwasraya bisa lebih memantapkan berbagai program yang bisa membantu berbagai kebutuhan masyarakat. Disamping hal itu, program Jiwasraya yang spesifik tersebut, dihadirkan untuk tujuan mengantisipasi terkait kehidupan masa depan yang tidak ada seorang pun yang tahu. Karena itu, Jiwasraya hadir dengan program yang beragam sebagai benteng penjagaan jika ada dari masyarakat yang mendapat musibah secara tiba-tiba.

Yang harus diperhatikan dalam menggunakan asuransi adalah membaca secara cermat, teliti dan seksama, terkait prosedur atau program yang ditawarkan oleh asuransi terkait. Sebab, dalam banyak kasus, banyak nasabah yang komplain terhadap suatu asuransi justru penyebabnya adalah nasabahnya tidak paham dengan menyeluruh ihwal program-program yang ditawarkan pihak asuransi. Baik itu untuk asuransi jiwasraya atau dari perusahaan asuransi lain semisal perusahaan asuransi Allianz.

Secara spesifik berdasarkan program yang ditawarkan, tidak ada kekurangan dari asuransi Jiwasraya ini. Jika terdapat nasabah nasabag yang komplain, hal tersebut biasanya terjadi karena kesalah pahaman dalam memahami prosedur atau program dari Jiwasraya. Tapi bagaimanapun, asuransi Jiwasraya perlu menjelaskan berbagai produk unggulannya secara lebih rinci dan jelas lagi, untuk mengantisipasi adanya ketidakjelasan informasi sampai ke tangan nasabah.