Kelebihan dan Kekurangan Program Asuransi Bumiputera

Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam urusan pendidikan. Tetapi, melihat realitas biaya pendidikan yang kadang tak terjangkau, membuat orang tua harus putar otak dan mencari jawaban dari pertanyaan bagaimana cara agar anaknya bisa sekolah setinggi-tingginya. Lalu bagaimana solusinya? Asuransi bisa menjadi jawaban dari masalah tersebut. Banyak sekali asuransi pendidikan yang tersedia di Indonesia, salah satunya adalah asuransi Bumiputera.

Asuransi Bumiputera

Asuransi Bumiputera memberi penawaran menarik untuk buah hati Anda. Dalam masalah pendidikan pun, asuransi pendidikan Bumiputera bisa menjadi salah satu andalan Anda. Bumiputera mempunyai dua program asuransi, yaitu Mitra Beasiswa Berencana dan Mitra Cerdas. Mitra Beasiswa Berencana adalah sebuah program asuransi dari Bumiputra yang memiliki tipe asuransi konvensional. Program ini menjamin biaya pendidikan anak Anda dari mulai TK hingga universitas. Adapun nominalnya, sudah diketahui di awal kontrak secara pasti.

gambar asuransi bumiputera

Sedangkan Mitra Cerdas, adalah program berbasis investasi dengan tipe berjenis saving plan, dimana program ini menjamin seluruh biaya pendidikan dari anak Anda dari mulai SD hingga universitas. Namun, dalam Mitra Cerdas ini, jumlah nominal yang disetorkan akan selalu mengalami pengembangan selama kontrak asuransi. Dalam Mitra Cerdas ini, terdapat beberapa tipe pembayaran yang bisa Anda pilih, yaitu tiga bulan, enam bulan, tahunan, tunggal dan pembayaran sekaligus.

Dengan adanya dua pengkategorian tersebut, Anda tinggal memilih mana asuransi Bumiputera yang cocok untuk Anda. Pada dasarnya, pihak asuransi Bumiputera telah melakukan spesifikasi yang menarik untuk Anda. Tapi, tetap saja Anda harus mempertimbangkan mana yang paling cocok dan baik untuk Anda ambil. Adapun salah satu contoh asuransi pendidikan sangatlah penting jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Dengan asuransi Bumiputera ini, anak Anda akan tetap bisa meneruskan pendidikan setinggi mungkin kendati terjadi kolep dalam keluarga. 


Kita semua tahu bahwa perencanaan matang adalah hal penting sebagai bentuk antisipasi terhadap masa depan yang tidak menentu. Sebagai asuransi, kadangkala terdapat masyarakat yang komplain atau merasa tidak puas terhadap pelayanan, begitu pula yang dirasakan Bumiputra. Ia tidak lepas dari adanya komplain dan kekurangan. Namun, kekurangan dari Bumiputera tersebut rata-rata tidak terletak pada program yang disajikan, tapi terletak pada pelayanannya yang lama dan petugasnya yang kurang cakap menjelaskan program. 

Dalam masalah program, Bumiputera sudah bagus bahkan sudah berani bersaing dengan asuransi lainnya. Dengan demikian asuransi Bumiputera lebih banyak mengantongi nilai plus daripada nilai minusnya. Sebagai tambahan, bacalah berbagai prosedur dengan cermat sebelum memilih asuransi. Jika hendak memilih asuransi Bumiputera, baca dengan seksama prosedur dan cara kerjanya. Baca juga spesifikasi programnya, apakah Anda akan memilih Mitra Beasiswa Berencana atau Mitra Cerdas. Dua program ini adalah program unggulan dari Bumiputera yang hadir untuk membantu kebutuhan Anda.