Cluster Random Sampling

Setiap penelitian akan selalu berhubungan dengan populasi. Namun, umumnya peneliti tidak akan meneliti semua objek pada populasi, tetapi menggunakan sampel sebagai perwakilan dari populasi tersebut.

Menentukan objek yang akan dijadikan sampel haruslah menggunakan prosedur tertentu yang kita kenal sebagai teknik pengambilan sampel. Ada banyak teknik sampel yang dapat digunakan, salah satu yang paling sering digunakan yaitu cluster random sampling.

Cluster sampling merupakan bagian dari random sampling. Adapun yang dimaksud dengan random sampling adalah metode pengambilan sampel dengan cara peneliti mencampur objek-objek di dalam populasi sehingga semua objek dianggap memiliki kesempatan yang sama untuk diambil sebagai sampel. Oleh karena hak setiap objek sama, maka peneliti terlepas dari sifat subjektif yang ingin mengistimewakan satu atau beberapa objek untuk dijadikan sampel.

Sedangkan Sampel acak kelompok (cluster random sampling) adalah pengambilan sampel yang dilakukan terhadap sampling unit (individu), dimana sampling unitnya berada dalam satu kelompok (cluster). Tiap unit (individu) di dalam kelompok yang terpilih akan diambil sebagai sampel. Cara ini dipakai : bila populasi dapat dibagi dalam kelompok-kelompok dan setiap karakteristik yang dipelajari ada dalam setiap kelompok.

Comments are closed.