Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, dan Manfaat Penelitian

Rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian merupakan hal yang terkait. Untuk lebih memahami ketiga hal tersebut, silahkan disiimak tulisan berikut ini.


Rumusan masalah
adalah kalimat tanya yang tegas dan jelas mengenai apa pemecahan masalah yang dicari dalam penelitian tersebut supaya menambah ketajaman masalah.


Rumusan masalah harus jelas dan menunjukkan kesesuaian dengan tujuan penelitian. 

Tujuan penelitian
memuat uraian yang menyebutkan secara spesifik maksud atau tujuan yang hendak dicapai dari penelitian yang dilakukan. Maksud-maksud yang terkandung di dalam kegiatan tersebut baik maksud utama maupun tambahan, harus dikemukakan dengan jelas.

Cara yang relatif mudah untuk menulis tujuan penelitian adalah menghubungkannya dengan rumusan masalah yang telah dibuat. Rumusan masalah berupa kalimat pertanyaan, jadi tujuan penelitian tulislah dengan hasil yang ingin dicapai dari rumusan masalah tsb.

Harus diingat bahwa tujuan penelitian bukanlah untuk mengejar gelar S1, sebab kelulusan bukanlah tujuan penelitian tapi tujuan dari mengerjakan skripsi.

Manfaat penelitian
Setiap hasil penelitian pada prisipnya harus berguna sebagai penunjuk praktek pengambilan keputusan dalam artian yang cukup jelas. Manfaat tersebut baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan, manfaat bagi obyek yang diteliti, maupun manfaat bagi peneliti sendiri.

Comments are closed.