Langkah-langkah (tahapan) menggunakan Cluster Sampling

Teknik cluster sampling biasa juga diterjemahkan dengan cara pengambilan sampel berdasarkan kelompok. Berbeda dengan teknik pengambilan sampel acak yang distratifikasikan, di mana setiap unsur dalam satu kelompok memiliki karakteristik yang homogen, maka dalam cluster bisa saja terkandung unsur yang karakteristiknya berbeda-beda atau heterogen.

Teknik cluster sampling dapat ditempuh melalui dua cara yaitu dengan satu tahap atau dengan dua tahap. Jika semua kelompok yang ada dalam populasi diambil sebagai sampel, maka pengambilan cluster sampling hanya satu tahap. Tapi jika tidak semua kelompok pada populasi yang diambil, tapi hanya beberapa kelompok saja, maka prosedurnya menggunakan cluster sampling dua tahap.

Tahapan dalam teknik cluster sampling :
Tahap pertama : dari semua kelompok anggota populasi, hanya dipilh beberapa kelompok sebagai sampel daerah (secara acak). Misalnya di bidang pendidikan, ada 5 kelas, kemudian dari 5 kelas tersebut dipilih secara acak 2 kelas sebagai sampel daerah.
Tahap kedua : dari beberapa kelompok sampel daerah tersebut, tetapkan individu-individu mana yang menjadi sampel (secara acak). Misalnya di bidang pendidikan, akan ditentukan mana siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol.

Comments are closed.