Desain Quasi eksperimen (Pengertian dan Bentuknya)

Pengertian quasi eksperimental design ?
Ada beberapa keadaan yang membuat keterbatasan pada penelitian eksperimen. Misalnya, pada beberapa skripsi dalam bidang pendidikan khususnya dalam pembelajaran, peneliti memerlukan kelas ekperimen dan kelas kontrol, tetapi tidak memungkinkan diadakannya pengambilan subjek penelitan secara acak dari populasi yang ada karena subjek (siswa) secara alami telah terbentuk dalam satu kelompok (satu kelas).

Karena itu, desain penelitian eksperimen seperti diatas, tidak akan mengambil subjek secara acak dari populasi tetapi menggunakan seluruh subjek dalam kelompok yang utuh (intact group) untuk diberi perlakuan (treatment). Desain Jenis ini disebut Quasi ekperimen (eksperimen semu).

Sampel pada quasi experimental design tidak diambil secara acak, sehingga kelemahan quasi eksperimen adalah tidak dapat sepenuhnya mengontrol variabel-variabel luar yang dapat mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Karena itu, quasi eksperimen lebih baik daripada pre-experimental design tetapi lebih buruk daripada true eksperimental design.

Berapa bentuk desain quasi eksperimen ?
Ada 2 bentuk, yaitu :
1. time series design. Cirinya :
- tidak ada kelompok kontrol.
- diberikan pretest sampai empat kali.untuk melihat kelompok telah stabil dan konsisten sebelum dapat diberi perlakuan.
2. non-equivalent control group design. Cirinya :
- ada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
- subjek penelitian diambil tidak secara acak dari populasi tetapi diambil seluruh subjek dari kelompok yang telah terbentuk secara alami.

Comments are closed.