Mengapa metode ceramah digunakan walaupun sering dikritik dalam skripsi

Pembelajaran yang menggunakan metode ceramah telah lama digunakan dan masih sering digunakan hingga saat ini. Cara penyajian pelajaran dengan menggunakan metode ceramah yaitu dilakukan oleh guru dengan penjelasan lisan secara langsung terhadap seluruh siswa di kelas.

Metode ceramah ini merupakan metode yang umum digunakan tapi kalau kita perhatikan sering sekali dkritik didalam banyak skripsi sebagai metode yang dianggap banyak kelemahan dan tidak mendukung keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Jika memang metode ceramah ini buruk, mengapa masih banyak guru, bahkan mahasiswa sendiri, memakai metode tersebut?

Beberapa Alasan mengapa masih menggunakan metode ceramah :
1. Adanya persepsi sebagian guru yang merasa belum benar-benar mengajar jika tidak
menjelaskan secara panjang lebar dengan metode ceramah.
2. Guru kurang menguasai/ kurang dapat menerapkan metode selain ceramah.
3. Metode ini masih banyak digunakan karena mudah untuk dilaksanakan, baik dari segi
persiapan, waktu, peralatan, dsb.

Meskipun begitu, metode ceramah ini punya banyak kelemahan. Salah satunya yaitu terlalu dominannya guru dalam proses pembelajaran sehingga keaktifan siswa tergolong rendah. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, metode ceramah biasanya di variasikan dengan metode pembelajaran lainnya, model pembelajaran, dan media pembelajaran. Umumnya, metode ceramah dikombinasikan dengan metode demonstrasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Selain itu, guru dapat menggunakan media pembelajaran yang atraktif seperti OHP dsb.

Menggunakan metode, model, media pembelajaran selain metode ceramah bukanlah hal yang tidak mungkin (bahkan sangat dianjurkan). Banyak sekali guru-guru yang telah dan bisa menggunakan metode-metode tersebut.