Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Terdapat berbagai macam model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk menjadikan kegiatan pembelajaran di kelas berlangsung efektif dan optimal. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif.

Strategi pembelajaran kooperatif pertama kali dikembangkan untuk mengurangi kompetisi di sekolah-sekolah Amerika, yang oleh James Coleman (1959) diidentifikasi sebagai komponen negatif dari sistem pendidikan.

Pembelajaran kooperatif mengutamakan kerjasama antar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Menggunakan pembelajaran kooperatif merubah peran guru dari peran yang berpusat pada gurunya ke pengelolaan siswa dalam kelompok-kelompok kecil. Model pembelajaran kooperatif dapat digunakan untuk mengajarkan materi yang kompleks, dan yang lebih penting lagi, dapat membantu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berdimensi sosial dan hubungan antar manusia.

Banyak pendapat para ahli, baik dari luar negeri maupun dari indonesia yang mengemukakan tentang pengertian pembelajaran kooperatif. Sebut saja : Spencer Kagan, Slavin, Sharan, Anita Lie, Isjoni, dsb.

Apa pengertian pembelajaran kooperatif?

Model pembelajaran kooperatif merupakan terjemahan dari istilah cooperative learning. Cooperative learning berasal dari kata cooperative yang artinya mengerjakan sesuatu secara bersama-sama dengan saling membantu satu sama lainnya sebagai satu kelompok atau satu tim (Isjoni, 2009:15).

Pengertian model pembelajaran kooperatif oleh Lie (2008:12) :
model pembelajaran kooperatif merupakan sistem pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas yang terstruktur.

Pengertian model pembelajaran kooperatif oleh Slavin (2008:5) :
model pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana para siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran.

Pengertian model pembelajaran kooperatif oleh Johnson & Johnson (dalam Isjoni, 2009:17)  :
pengertian model pembelajaran kooperatif yaitu mengelompokkan siswa di dalam kelas ke dalam suatu kelompok kecil agar siswa dapat bekerja sama dengan kemampuan maksimal yang mereka miliki dan mempelajari satu sama lain dalam kelompok tersebut.



Daftar Pustaka.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.

Comments are closed.