Pembelajaran yang Berhasil harus Menempatkan Unsur Belajar dan Mengajar secara tepat


Proses pembelajaran memuat 2 unsur, yaitu belajar dan mengajar. Menurut Sardiman A. M. (2005: 47), belajar mengacu pada kegiatan siswa dan mengajar mengacu pada kegiatan guru. Interaksi antara belajar dan mengajar inilah yang akan menentukan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran.

Permasalahannya, terkadang guru kurang menyadari hal ini. Guru terlalu “sibuk” mengajar, sedangkan siswa terlalu pasif sehingga fungsi belajar pun terasa kurang. Guru seakan lupa bahwa sebenarnya, mengajar merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau sistem lingkungan yang mendukung dan memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar.

Wina Sanjaya (2005: 87) menyatakan bahwa keterkaitan antara belajar dan mengajar itulah yang disebut sebagai pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan sebuah proses interaksi antara siswa dan lingkungannya. Salah satu dari lingkungan tersebut, yang merupakan sumber belajar utama bagi siswa, adalah guru. Interaksi yang terjadi antara guru dan siswa dikenal sebagai aktivitas belajar dan aktivitas mengajar. Tanpa kedua aktivitas tersebut, tujuan pembelajaran tidak mungkin dapat dicapai dengan baik.

Adapun Pengertian belajar adalah :
suatu perubahan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman yang diperoleh.
Sedangkan Pengertian mengajar adalah :
kegiatan penyediaan kondisi yang mengarahkan kegiatan belajar siswa untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang dapat membawa perubahan tingkah laku (Sardiman,2003:3).

Peran guru memang sangatlah penting dalam proses pembelajaran. Peristiwa belajar dalam proses pembelajaran akan lebih terarah dan sistematik daripada belajar yang semata-mata dari pengalaman dalam kehidupan sosial dalam masyarakat.

Dalam hal ini, Guru sebagai pengajar memiliki fungsi sebagai motivator, pembimbing, dan fasilitator yang memberi kemudahan bagi siswa untuk belajar. Sedangkan siswa merupakan subjek yang aktif memperoleh informasi dari berbagai sumber.






Referensi :

Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:RajaGrafindo Persada.