Latar Belakang Masalah

Biasanya, yang pertama kali di tanya oleh dosen pembimbing ataupun dosen penguji skripsi adalah : Apa alasan penelitian tersebut layak untuk dilakukan? Karena dosen ingin penelitian mahasiswa tersebut beda dari yang lain. Sederhananya saja, untuk apa diadakan penelitian kalau intinya sama saja dengan penelitian yang terdahulu.

Mengenai alasan ini, akan ditulis di bab I, yaitu di point : latar belakang masalah. Tentu ada banyak alasan yang dapat dikemukakan. Disinilah mahasiswa perlu membandingkan penelitian yang akan diambil tersebut dengan penelitian lain yang berkaitan. Lalu menuliskan dengan tepat alasannya. Untuk itu, mahasiswa harus membaca teori-teori yang mendukung sebab skripsi merupakan karya ilmiah yang dilandaskan dari teori-teori para ahli.

Jadi, pengertian latar belakang masalah adalah :
penjelasan fenomena yang diamati dan menarik perhatian peneliti sehingga peneliti punya dasar yang kuat ketika memilih suatu masalah penelitian.

Bagian latar belakang ini sangat penting dan diletakkan di awal tulisan ilmiah (skripsi, penelitian, dsb). Dengan membaca latar belakang masalah, orang dapat mengetahui apa sebenarnya inti dari penelitian/ skripsi tsb. 

Alasan tersebut dibedakan menjadi alasan subjektif dan alasan objektif.

1. Alasan Subjektif.
Adalah sebab suatu penelitian dilaksanakan karena keterkaitan antara peneliti dengan objek penelitian. Alasan subjektif menyangkut diri subjek/ peneliti, misalnya karena adanya hubungan atau pengalaman tertentu antara subjek terhadap objek penelitian.

Menyusun alasan subjektif harus memuat unsur berikut :
a. Kondisi Ideal
Kondisi ideal menggambarkan sebuah keadaan yang ingin dicapai.
b. Kondisi Saat Ini
menggambarkan keadaan yang secara realita benar-benar terjadi pada saat ini. Uraikan kondisi realita tersebut, dan nantinya akan dikaitkan dengan kondisi ideal di atas, lalu tarik benang merahnya.
c. Solusi
adalah penyelesaian dalam rangka mengatasi perbedaan antara kondisi saat ini dengan kondisi ideal yang ingin dicapai.

2. Alasan Objektif
Adalah alasan yang menyangkut topik penelitian dengan objek yang akan diteliti.
Latar belakang secara objektif merupakan alasan yang diperoleh karena masalah yang akan menjadi topik penelitian sudah ada sebelumnya, atau sudah diangkat sebelumnya sehingga dalam latar belakang penelitian, perlu diberikan informasi awal berupa acuan pustaka dan hasil observasi awal.

Comments are closed.